Jubir Covid-19: Stok APD tersisa 500 ribu

APD Covid-19 yang telah didistribukan ke daerah mencapai 679 ribu.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat bersiap menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3)/Foto Antara/Nova Wahyudi.

Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut ketersediaan alat pelindung diri (APD) yang ada saat ini sebanyak 500 ribu. Dari jumlah tersebut, akan disalurkan sebagian ke sejumlah daerah yang membutuhkan.

"Stok masih tersisa 500 ribu. 200 ribu segera kita distribusikan, hari ini pun sudah ada yang didistribusikan ke beberpa provinsi di Sumatera," kata Yuri dalam konfrensi pers yang digelar secara online di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (8/4).

Adapun APD yang telah didistribukan ke dinas kesehatan di tingkat provinsi mencapai 679 ribu buah. Dia berharap, pengadaan APD itu dapat bermanfaat bagi petugas kesehatan.

"Kita berharap, ini akan membantu para petugas kesehatan lebih profesional, lebih aman, dan lebih tenang melakukan pelayanan," tutur Yuri.

Di samping APD, Yuri juga menyampaikan telah menyediakan ratusan ribu reagen untuk pemeriksaan coronavirus dengan metode polymerase chain reaction atau PCR. Pihaknya telah berhasil memeriksa 15 ribu spesimen melalui pemeriksaan PCR.