Jurus tangkal pandemik coronavirus yang misterius

Wabah coronavirus sudah menyebar ke belasan negara di dunia. Jadi ancaman nyata bagi Indonesia.

Ilustrasi coronavirus. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Novel coronavirus atau 2019-nCoV yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China tengah menjadi wabah. Per 28 Januari 2020, The New York Times melaporkan, di China lebih dari 4.515 orang terinfeksi, dan 106 orang meninggal dunia akibat virus yang punya kedekatan dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS) ini.

Pandemik virus misterius ini pun menyebar ke seluruh dunia. Dilansir dari The New York Times, terdapat 14 kasus di Thailand, delapan kasus Hong Kong, tiga kasus di Prancis.

Sedangkan Amerika Serikat, Taiwan, Australia, dan Makau masing-masing lima kasus; Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia masing-masing empat kasus; Kanada dan Vietnam dua kasus; serta Nepal, Kamboja, dan Jerman masing-masing satu kasus.

Hingga kini, belum ada laporan kasus coronavirus di Indonesia. Meski beberapa waktu lalu, sempat ada pasien yang diduga terpapar setelah perjalanan dari China, yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta.

Setelah itu, ada satu WNI dan WNA China yang dirawat di RS Hasan Sadikin, Bandung, serta seorang turis asal China yang dirawat di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram. Akan tetapi, mereka belum dipastikan positif terinfeksi coronavirus karena masih menunggu hasil laboratorium.