Menhub minta KAI optimalkan operasional pelayanan selama periode Nataru

Budi juga meminta petugas keamanan mengerahkan upaya pengamanan sebagai langkah antisipasi dalam pelaksanaan perayaan Nataru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto Antara

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoptimalkan operasional sarana kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Hal ini dilakukan seiring terjadinya peningkatan jumlah penumpang kereta api selama periode tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi dalam keterangan pers usai memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Natal 2022 dan Tahun baru 2023 di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (22/12).

"Kita menganalisis bahwa jumlah penumpang kereta api itu naik 27%. Kita tahu, jumlah penambahan rangkaian mungkin tidak sebesar itu, dan itu bisa dicapai apabila kita melakukan peningkatan produktivitas. Utilisasi kereta api itu dilakukan dengan lebih maksimal, dengan yang katakanlah biasanya beroperasi 12 jam menjadi 15 jam atau 15 jam menjadi 18 jam, dan itu ke semua arah," kata Budi.

Budi meyakini, PT KAI dapat memaksimalkan produktivitas sarana perkeretaapian selama periode libur Nataru. Menurutnya, KAI merupakan salah satu perusahaan yang disiplin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Budi juga meminta petugas keamanan mengerahkan upaya pengamanan sebagai langkah antisipasi dalam pelaksanaan perayaan Nataru.