Dirjen Kemendikbud: Kampus Merdeka akan maksimalkan potensi mahasiswa

Berbagai program yang dibuat dalam Kampus Merdeka akan menghasilkan mahasiswa dengan keterampilan hard skills dan soft skills.

Ilustrasi Kampus Merdeka. Alinea.id/Dwi Setiawan

Dirjen DIKTI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, kebijakan Kampus Merdeka akan mendorong lahirnya SDM unggul.

“Setiap mahasiswa memiliki passion, cita-cita, dan tujuan hidup yang berbeda. Kampus Merdeka memilih dan mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui fleksibilitas peta jalan pencapaian kompentensi. Oleh karena itu, self-directed dan flexibility dalam program ini akan memaksimalkan potensi mahasiswa,” ujarnya dalam webinar Peran Teknologi Mencetak SDM Unggul, Kamis (10/12).

Kemudian, Nizam menyebutkan delapan kegiatan Kampus Merdeka, yaitu pertukaran mahasiswa, magang, mengajar di sekolah, penelitian, membangun desa, studi atau proyek mandiri, kewirausahaan mahasiswa, dan proyek kemanusiaan.

“Terdapat banyak sekali bidang, tergantung dengan subjek pendidikan yang diambil mahasiswa. Misalnya proyek kemanusiaan bisa dilakukan oleh mahasiswa yang bercita-cita bekerja di bidang perdamaian,” katanya.

Berbagai program yang dibuat dalam Kampus Merdeka akan menghasilkan mahasiswa dengan keterampilan hard skills dan soft skills, jaringan pertemanan yang luas, pengalaman, serta portofolio yang akan berguna dalam dunia pekerjaan.