Kapolri buka peluang angkat kapolda perempuan

Hingga saat ini hanya ada empat pati perempuan di institusi Polri.

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) berbincang dengan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz usai penandatanganan pernyataan bersama di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (9/1)/Foto Antara/Sigid Kurniawan

Kapolri Jenderal Idham Azis memberi sinyal bakal ada Kapolda perempuan yang akan ditunjukknya. Idham mengatakan tidak menutup kemungkinan dalam dua atau tiga bulan ke depan posisi nomor satu di polisi daerah dijabat seorang polisi wanita (polwan).

"Jangan salah kalau dua atau tiga bulan ke depan ada polwan yang bisa mungkin saya angkat jadi Kapolda," kata Idham di upacara kenaikan pangkat di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Hingga kini, jumlah polwan yang menjabat sebagai pati berjumlah empat orang. Idham mengungkapkan, rekam jejak dan prestasi baik menjadi satu-satunya pertimbangan kenaikan pangkat dan jabatan mereka.

Sementara itu, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen M. Iqbal mengatakan polwan memang memiliki hak yang sama untuk dipertimbangkan sebagai kapolda. Meskipun, sampai saat ini posisi kapolda polwan baru terjadi satu kali.

"Tidak ada bedanya sama sekali. Bapak Kapolri telah menegaskan bahwa kinerja baik memberikan pengabdian pada institusi Polri parameter yang jelas," ujar Iqbal di lokasi yang sama.