Kapolri Idham Aziz bangun kerja sama dengan KPK dan Kejagung

"Sebagai pejabat baru, saya datang sowan dan bersilaturahmi sama beliau memohon arahan."

Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis (kiri) menjabat tangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta. Antara Foto

Jenderal Pol Idham Aziz melakukan lawatan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari pertama bekerja setelah dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Kedatangan bekas Kabareskrim itu untuk membangun kerja sama antarlembaga penegak hukum.

“Saya memang memantapkan lagi, apa saja yang sudah baik, yang sudah kita bangun dalam kerja sama selama ini,” kata Idham usai melawat ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (4/11).

Jendral bintang empat itu berharap, kerja sama institusi Polri dan KPK ke depan dapat semakin erat. Tujuannya, untuk menumbuhkan integritas yang positif untuk memberantas pelaku tindak pidana korupsi.

“Membangun integritas yang positif dalam rangka penegakan dan pencegahan masalah tindak pidana korupsi. Saya kira itu hal-hal yang esensial selain tadi bersilaturahmi," ujar dia.

Menurut Idham, pertemuan petinggi Polri dan KPK bukan terjadi kali ini saja. Dia mengaku, pimpinan Korps Bhayangkara sebelumnya kerap melakukan komunikasi dengan lembaga antirasuah tersebut. Untuk itu, pertemuan kali ini juga dimaknainya sebagai tradisi.