Kapolri instruksikan seluruh anggota donor darah

Instruksi tersebut setelah adanya permintaan bantuan dari PMI.

Petugas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas, melayani proses donor darah keliling sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19, di Kantor RRI Purwokerto, Banyumas, Jateng, Jumat (3/4/2020). Foto Antara/Idhad Zakaria

Kapolri Jenderal Idham Azis menginstruksikan kepada seluruh personel Polri untuk bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan donor darah. Perintah Kapolri disampaikan dalam surat telegram Nomor ST/1127/IV/KEP./2020 tertanggal 7 April 2020.

Idham mengatakan, instruksi tersebut dibuat lantaran stok darah di PMI mulai menipis. Padahal, PMI menyatakan permintaan darah sedang banyak dibutuhkan bagi pasien demam berdarah.

"Benar, ada TR soal anggota Polri diminta melaksanakan donor darah ke PMI, karena ada surat dari PMI minta bantuan pengerahan donor darah. Hal ini untuk membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di PMI," kata Idham melalui keterangan resmi yang diterima Alinea.id di Jakarta, Rabu (7/4).

Idham pun mengimbau kepada seluruh jajarannya agar segera berkoordinasi dengan PMI di wilayah masing-masing. Kemudian, pelaksanaan donor darah tetap harus menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing, guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kasatker dan Kasatwil agar melaporkan setiap kegiatan donor darah yang telah dilaksanakan kepada As SDM Kapolri," ujar Idham.