Kasus Covid-19 di Jakarta naik signifikan

Masuknya WNI dari luar negeri ke Jakarta jadi penyebab pertambahan kasus Covid-19.

Ilustrasi Coronavirus /Pixabay

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat pertambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta hari ini, Rabu (8/7), sebanyak 344. Kenaikan kasus coronavirus  itu terjadi secara signifikan, dipicu oleh WNI yang datang ke Jakarta dari luar negeri.

"Terdapat warga negara Indonesia yang baru kembali dari luar negeri beralamat tinggal dari berbagai provinsi. Namun, untuk sementara transit dan menjalani isolasi di Jakarta sebanyak 51 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Widyastuti di Jakarta, Rabu (8/7).

Widyastuti menjelaskan, terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta lantaran terdapat laporan kasus akumulasi dalam satu bulan terakhir. Adapun yang baru dilaporkan dari salah satu laboratorium sebanyak 36 orang.

Sementara penemuan kasus baru dari rumah sakit dan puskesmas, baik dari pasien, hasil contact tracing maupun active case finding sebanyak 257 orang.

Secara kumulatif, lanjut Widyastuti, total kasus Covid-19 di Jakarta mencapai 13.069. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.424 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 667 orang lainnya meninggal dunia.