Kasus harian tembus 11.278, Menkes diminta buat terobosan

Angka tersebut merupakan rekor harian tertinggi sejak pertama kali diumumkan, 2 Maret 2020.

Ilustrasi. Pexels

Komisi IX DPR meminta Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengeluarkan kebijakan jitu guna menurunkan kasus konfirmasi posisif Covid-19 di Indonesia.

Permintaan itu dilayangkan sekaligus merepons rekor penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 pada hari ini yang mencatat 11.278 kasus.

"Perlu ada terobosan yang eksponensial yang dilakukan oleh Pak Menteri di awal kepemimpinan Bapak untuk bisa melakukan suatu kebijakan yang bisa membantu dengan sangat signifikan menurunkan angka positif ini," kata Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati, saat rapat kerja bersama yang disirakan secara virtual, Rabu (13/1).

Menurutnya, lonjakan kasus hari ini merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan. Dia merasa, perlu penangana khusus dan giat oleh jajaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengendalikan laju penularan Covid-19.

"Kalau masih dengan upaya-upaya yang flat, upaya-upaya normatif, ini tidak akan mampu mengendalikan. Sementara, situasi fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) kita sudah sangat berat sekali," terang Kurniasih.