Kasus Omicron di 3 provinsi pecahkan rekor Delta

Meski di ketiga provinsi angkanya melebihi Delta, namun angka keterisian rumah sakit adalah 30%-50%.

Ilustrasi. Pixabay

Ada tiga provinsi di Indonesia dengan jumlah kasus varian Omicron melebihi varian Delta per Senin (7/2). Ketiga provinsi itu adalah DKI Jakarta, Banten, dan Bali.

Di DKI Jakarta mencatatkan jumlah kasus Omicron tertinggi, yakni 15.800, melebihi puncak Delta dengan 14.600 kasus. Di Banten terdeteksi 4.800 kasus Omicron, lebih tinggi dibandingkan puncak varian Delta yakni 3.900 kasus. Lalu, di Bali terdeteksi 2.000 kasus Omicron, lebih tinggi dari Delta yang sebelumnya 1.900 kasus.

“Meski di ketiga provinsi angkanya melebihi Delta, namun tidak usah panik, angka keterisian rumah sakit adalah 30%-50%,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual yang disiarkan lewat Youtube Sekretariat Presiden Senin (7/2).

Saat ini, dari 120.000 tempat tidur rumah sakit yang disiapkan untuk Covid-19 terisi sekitar 18.966. Kasus positif dengan gejala ringan diimbau untuk melakukan isolasi mandiri atau di tempat isolasi terpusat. Sementara itu rumah sakit hanya diperuntukkan untuk pasien dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

Untuk mendorong isolasi di luar rumah sakit, Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedicine di Jabodetabek dengan 150.000 lebih layanan per hari. Layanan ini juga akan diperluas di kota-kota besar di Jawa, yakni Surabaya, Bandung Raya, dan Solo Raya.