Anggaran proyek untuk sementara dialihkan untuk kesehatan

Hasil rapat kabinet, anggaran proyek dialokasikan untuk kesehatan dan penanganan corona

Suasana rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Rapat kabinet tersebut membahas dampak virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Foto Antara/Sigid Kurniawan/aww.

Pemerintah memutuskan mengalihkan anggaran pembangunan proyek ke program kesehatan rakyat. Hal tersebut, tidak lepas terus bertambahnya pasien positif corona. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD ,menyatakan, salah satu keputusan rapat kabinet hari ini adalah mengubah fokus alokasi dana. 

Dia mengungkapkan, ini tidak lepas dari pandemi coronavirus jenis baru atau Covid-19.
Rapat kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta sejumlah menteri kabinet, melalui video teleconference, Senin (16/3) pagi, pemerintah sepakat melakukan refocusing dan realokasi dana untuk rakyat.

“Artinya, dana untuk pembangunan atau proyek-proyek, supaya dialihkan dulu untuk kesehatan rakyat,” kata Mahfud seperti dikutip dari akun instagram resmi Polhukam RI, Jakarta, Senin (16/3).

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah daerah tidak boleh mengambil kebijakan kuncitara atau lockdown. Sebab, kebijakan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Perlu saya tegaskan. Kebijakan lockdown, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah adalah kebijakan pemerintah pusat,” tegas Jokowi, dalam jumpa pers yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.