Kecelakaan Kereta Turangga dan KA Bandung Raya: 4 petugas KAI tewas

Tidak ada penumpang yang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Kecelakaan KA di Lintas Haurpugur-Cicalengka (Bandung), Jumat (5/1/2024). Foto: twitter.com/cherrybiscotti.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan, empat petugas Kereta Api (KA) yang tewas dalam kecelakaan Kereta Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya, Jumat (5/1) pagi. Keempat korban tersebut yakni, seorang masinis, asisten masinis, paramugara dan security.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, dalam keterangannya.

Tidak ada penumpang yang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan yang terjadi di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Namun, dari total 478 penumpang dari kedua kereta, ada sekitar 37 penumpang yang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan.

Dengan rincian 32 orang dibawa ke RSUD Cicalengka, dua orang ke RS Edelweis, dua orang ke RS AMC, dan satu orang ke RS Santosa. Perlu diketahui, jumlah penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Bandung Raya sebanyak 191 penumpang.

Di sisi lain, para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi, langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang telah disediakan oleh KAI.