Kemen PPPA: Kolaborasi kunci utama kesetaraan gender

Perempuan yang paling mengetahui masalah dan solusi yang melingkupi dirinya.

Foto ilustrasi kesetaraan gender/Pixabay.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menegaskan, kolaborasi merupakan kunci utama untuk mewujudkan kesetaraan gender. 

"Selama ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) tidak hanya menekankan kolaborasi lintas sektor, tetapi juga mendorong kolaborasi antar perempuan dalam setiap program kerja," ujarnya dalam keterangannnya, (30/9).

Dilansir dari laman Kemenpppa Bintang mengatakan, Kolaborasi tidak hanya dilakukan dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, ataupun dunia usaha, tetapi kolaborasi antar perempuan untuk saling memberikan dukungan satu sama lain juga harus didorong dan diperkuat. 

Para perempuan harus bersatu karena advokat terbaik bagi kaumnya. Kaum hawa yang paling mengetahui masalah dan solusi yang melingkupi dirinya.

Meskipun, masih terdapat berbagai permasalahan yang diakibatkan oleh konstruksi sosial yang berkembang di masyarakat, seperti banyaknya perempuan yang tidak mendapatkan akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat pembangunan yang setara dengan laki-laki, sehingga menyebabkan potensinya tidak termaksimalkan, tetapi pada kenyataannya perempuan memegang banyak peranan penting.