Kemenag bakal upayakan pelaksanaan ibadah haji 2023 ramah lansia

Disepakati tidak ada pembatasan usia dalam penyelenggaraan ibadah haji 2023.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief dalam forum diskusi terkait biaya haji 2023 di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (24/1). Alinea.id/Gempita Surya.

Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyusun upaya persiapan untuk memberangkatkan jemaah berusia lanjut pada penyelenggaraan ibadah haji 2023. Diketahui, ada sekitar 62.000 jemaah yang berusia di atas 65 tahun.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief mengungkapkan, pihaknya bakal melakukan klasifikasi jemaah lansia berdasarkan kelompok usianya. Pihaknya turut menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pengelompokan jemaah lansia.

"Kita akan bagi klasifikasi, kira-kira (usia) 65-70 (tahun) itu masih oke lah. Yang membutuhkan alat bantu berapa orang, yang membutuhkan alat bantu kursi roda berapa orang, kita akan hitung semua," kata Hilman dalam forum diskusi terkait biaya haji 2023 di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (24/1).

Hilman mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji di segala kelompok usia, termasuk lansia. Mengingat, sekitar 28% dari total kuota jemaah haji Indonesia di antaranya adalah jemaah lansia.

"Kami ingin memberikan layanan terbaik, termasuk untuk lansia. Jadi, haji besok pengennya haji ramah lansia, Pak Menteri (Yaqut Cholil Qoumas) pesankan begitu," ujarnya.