Kemenag cairkan Rp381 miliar BOP sebelum lebaran

Pencairan dana BOP-RA diproses sejak dua pekan lalu.

Ilustrasi siswa taman kanak-kanak. Foto Pixabay.

Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Raudlatul Athfal (RA) tahun 2023 segera cair. Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani menegaskan pihaknya sudah memproses pencairan dana BOP-RA ini sejak dua pekan lalu.

Dia menyebut, BOP diperuntukkan khusus bagi RA, yaitu lembaga pendidikan setingkat taman kanak-kanak yang menjadi binaan Kementerian Agama. Berbeda dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diberikan untuk pendidikan dasar dan menengah.

“Anggaran sebesar Rp381 miliar sudah berada di rekening bank penyalur (RPL). Pihak RA sudah bisa mulai memproses pencairannya sesuai juknis yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,” ujar Ramdhani, dikutip Sabtu (25/3).

Menurutnya, proses yang saat ini berjalan merupakan pencairan BOP RA tahap I. Anggaran tersebut akan diperuntukkan bagi 28.841 RA seluruh Indonesia. 

“Beberapa waktu lalu saya telah menyetujui pencairan tersebut. Sesuai prosedur, dana tersebut sudah cair dari Ditjen Perbendaharaan (DJPb) ke rekening bank penyalur BOP milik Pendis Kemenag untuk kemudian dicairkan ke rekening masing-masing RA,” jelasnya.