Tuai polemik, Kemendikbud Ristek diminta evaluasi sistem zonasi PPDB

"Akhirnya, kita dapatkan perilaku-perilaku buruk dari masyarakat kita yang terpaksa melakukan pembohongan-pembohongan."

Kemendikbud Ristek diminta mengevaluasi sistem zonasi PPDB lantaran menuai polemik dalam 7 tahun terakhir. Foto Antara/M. Agung Rajasa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meninjau ulang sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang berlangsung dalam 7 tahun terakhir. Pangkalnya, kebijakan tersebut menuai polemik, salah satunya akses memperoleh pendidikan semakin sulit.

"[Kebijakan zonasi] ini juga belum bisa menghasilkan dampak yang yang maksimal terhadap Peraturan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB. Akhirnya, kita dapatkan perilaku-perilaku buruk dari masyarakat kita yang terpaksa melakukan pembohongan-pembohongan, termasuk ketika dia ingin menyekolahkan anaknya," ujar anggota Komisi X DPR, Illiza Sa'aduddin Djamal.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar hak masyarakat mengakses pendidikan tidak terganggu. Misalnya, pemerintah daerah (pemda) mengawasi setiap tahapan PPDB dan menambah kuota jalur prestasi.

"Ini, kan, masalahnya harus betul-betul dilakukan evaluasi menyeluruh, termasuk menteri. Jadi, mungkin presiden juga harus melihat hal ini persoalan yang terbesar karena beliau juga, kan, ingin agar bagaimana SDM unggul itu bisa tercipta," tutur politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Illiza melanjutkan, evaluasi sistem zonasi perlu dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. tokoh pendidikan dan organisasi lainnya, misalnya, agar kebijakan PPDB lebih baik.