Kalau Kemenhan saja terkena serangan siber, apalagi yang lain...

Sudah waktunya bagi pemerintah untuk serius membenahi sistem elektronik semua kementerian/lembaga.

Ilustrasi. Foto istockphoto.com/

Indonesia kembali gempar. Ini setelah akun @stealthmole_int di platform X, mengungkapkan keberhasilan hacker membobol jaringan milik Kementerian Pertahanan dan Keamanan (Kemenhan) RI.

"Muncul peretas yang mengaku menjual akses ke Kementerian Pertahanan Indonesia

Seorang peretas mengaku telah berhasil meretas Kementerian Pertahanan Indonesia dan memposting pesan di pasar gelap, menawarkan untuk menjual dokumen rahasia dan sensitif situs web tersebut, serta akses admin.

Sebagai buktinya, peretas membagikan tangkapan layar dan menegaskan bahwa server tersebut berisi sekitar 1,64TB data. Analisis tangkapan layar tidak menutup kemungkinan bahwa peretas mengakses situs web tersebut.

Jika klaimnya benar, cara peretas memperoleh akses ke situs web tersebut akan diselidiki di masa depan. Namun, salah satu skenario yang mungkin terjadi adalah penggunaan akun yang dibocorkan oleh malware Stealer. Kami dapat mengonfirmasi bahwa sekitar 1.484 kredensial yang terkait dengan Kementerian Pertahanan terekspos di web gelap karena malware Stealer," papar @stealthmole_int di platform X.