Kemenhub akan lakukan special audit pada Lion Air

Audit yang dilakukan merupakan pemeriksaan intensifikasi terhadap serangkaian pesawat Boeing 737 Max 8.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan keterangan terkait perkembangan kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (1/11)./Antara Foto

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan investigasi bersama pihak The Boeing Company, terhadap 11 pesawat Boeing 737 MAX 8 yang ada di Indonesia. Kemenhub juga akan melakukan special audit kepada Lion Air, untuk mengindentifikasi kecelakaan pesawat JT 610 yang terjadi pada Senin (29/10) lalu. 

"Karena ada konfirmasi yang harus dilakukan manufakturnya dan pihak tertentu. Seperti apa tindak lanjutnya, itu nanti," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai memberikan sambutan Lokakarya Forum Wartawan Kemenhub (Forwahub) di kantornya, Jumat (2/11).

Adapun special audit yang akan dilakukan, merupakan pemeriksaan intensifikasi terhadap serangkaian pesawat Boeing 737 Max 8, mulai dari audit Standard Operating Procedure (SOP), sampai ke badan pesawat. 

Juga dilakukan audit kepada semua pilot pesawat Boeing 737 Max 8, baik itu dari Lion Air dan maskapai penerbangan yang lain.

"Akan kita lakukan assessment dan kita tanya. Bisa jadi juga kita melakukan audit terhadap manufakturnya. Kita tanya spek (spesifikasi) seperti apa, fungsi avionik seperti apa. Special audit kita jadikan sebagai masukan bagi KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). Di luar konteks itu, kita melakukan upaya preventif dengan melakukan ramp check terhadap 40% pesawat Lion Air," kata Budi memaparkan.