Kemenhub buka pendaftaran angkutan sepeda motor gratis hingga Mei 2023

Kemenhub menyediakan angkutan sepeda motor gratis untuk menghindari risiko kecelakaan mudik.

Sejumlah pengemudi ojek online melintas di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/1)./AntaraFoto

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, khususnya untuk perjalanan jarak jauh. Ia mengajak agar para pemudik memanfaatkan layanan mudik gratis yang disediakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," kata Budi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (14/3).

Dalam hal ini, Kemenhub menyediakan program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api. Program ini tersedia untuk 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api.

Adapun jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11-20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April-4 Mei 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yakni mulai 1 Maret sampai dengan 3 Mei 2023.

Kemudian, Kemenhub juga menggelar program mudik gratis sepeda motor naik  kapal laut. Tersedia kuota hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kapal.