Kemenhub sampaikan kinerja transportasi darat

Menhub menyebutkan beberapa pencapaian kinerja selama empat tahun terakhir.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Kepala BPSDM Kementerian Perhubungan Umiyatun Hayati Tri Astuti (kiri) dan Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono (kanan) memberikan keterangan pers tentang pencapaian kinerja akhir tahun 2018 Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (13/12)./AntaraFoto

Kementerian Perhubungan menyampaikan capaian kinerja melalui jumpa pers. 

"Apa yang dilakukan selama empat tahun terakhir sudah menghasilkan 'level of service' diikuti dengan safety yang baik," ujar Menhub Budi dalam jumpa pers akhir tahun bertajuk Capaian Kinerja 4 Tahun dan Outlook 2019 di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan sejumlah kegiatan yang sedang dan telah dilakukan. Diantaranya sedang mengadakan pembangunan dan rehabilitasi Terminal Tipe A. 

"Pada sektor darat kami telah melakukan rehabilitasi 65 Terminal Tipe A sejak 2015-2018. Sampai saat ini memang ada beberapa Terminal Tipe A yang belum diserahkan kepada kami, namun pada 2018 ini, telah saya sampaikan pada Bupati/ Walikota yang belum menyerahkan, sehingga tahun 2019, kami akan memperbaiki dan meningkatkan semua aspek pelayanan dari terminal," terang Dirjen Budi.

Dirjen Budi juga menyampaikan pembangunan pelabuhan penyeberangan yang telah mencapai jumlah 21 lokasi serta pelabuhan sungai dan danau sebanyak 13 lokasi.