Kemenkes akan aktifkan kembali RSD Wisma Atlet untuk isolasi pasien Covid-19

Kemenkes sedang berkoordinasi untuk mengaktifkan kembali layanan isolasi terpusat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Petugas bersiap memindahkan pasien memasuki Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/3/2020).Foto Antara/Aditya Pradana Putra/aww.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempertimbangkan untuk kembali mengaktifkan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet sebagai pusat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini disampaikan oleh juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril, dalam keterangan pers daring, Kamis (10/11).

"Kemenkes sedang berkoordinasi untuk mengaktifkan kembali layanan isolasi terpusat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," ujar Syahril.

Koordinasi tengah dilakukan Kemenkes dengan berbagai pihak, termasuk kepada Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Adapun pertimbangan tersebut diambil mengingat beberapa hari belakangan tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan.

Oleh karenanya, layanan isolasi terpusat di RSD Covid-19 Wisma Atlet akan kembali diaktifkan apabila terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan. Selain itu, Syahril mengimbau agar pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memanfaatkan layanan telemedisin gratis dari Kemenkes.

"Selain layanan konsultasi juga disediakan obat gratis," ucap dia.