Kemenkes klaster tertinggi Covid-19, DPR: Dimaklumi

Merujuk data Pemprov DKI, terdapat 252 kasus di Kemenkes.

Kantor Kementerian Kesehatan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Google Street View

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, menilai wajar jika Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi instansi negara yang mendulang kasus konfirmasi coronavirus baru (Covid-19) tertinggi pada klaster lembaga pemerintah. Alasannya, banyak pegawai berlatar belakang dokter masih berpraktik.

"Nah, saya kira dimaklumi terkait dengan terpaparnya karena memang tingginya intensitas komunikasi kepada  potensi yang terpapar positif," katanya saat dihubungi, Jumat (18/9).

Kendati demikian, Rahmad berharap, penerapan protokol kesehatan di Kemenkes diperketat kembali. Kemudian, lebih berhati-hati dalam bertugas.

"Para pihak atau saudara kita yang bertugas menjadi dokter di Kemenkes tentu harus hati-hati lagi dalam penerapan protokol kesehatan. Meskipun, penerapan protokol kesehatan di Kemenkes itu sudah jadi harga mati yang wajib dan harus dilaksanakan," ucapnya.

Di samping itu, dirinya juga meminta evaluasi penerapan protokol kesehatan terhadap sejumlah lembaga dan kementerian yang menjadi klaster baru Covid-19.