Kemenkes lakukan trauma dan political healing di Natuna

Pihaknya telah memberangkatkan sejumlah psikiater, psikolog, dan perawat, untuk melakukan proses ini.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020). Foto Antara/Hafidz Mubarak A

Kementerian Kesehatan akan melakukan trauma healing kepada warga negara Indonesia di Natuna, yang dipulangkan dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga akan melakukan political healing kepada masyarakat Natuna.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya telah memberangkatkan sejumlah psikiater, psikolog, dan perawat, untuk menjalankan proses ini.

"Sudah diterbangkan. Hari ini saya terbangkan tadi," kata Terawan dalam rapat dengar pendapat dengan anggota Komisi IX DPR RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (3/2).

Dia menjelaskan, trauma healing diberikan kepada 238 WNI yang dipulangkan dari China. Ratusan orang tersebut tengah menjalani observasi dan inkubasi untuk memastikan mereka bebas dari coronavirus.

Menurut Terawan, trauma healing diberikan agar mereka tak terbebani selama proses observasi tersebut. Hal ini lantaran mereka harus dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau, selama 14 hari.