Kemenkes targetkan 95% anak di Provinsi Aceh diberi imunisasi Polio

imunisasi polio massal ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Kejadian Luar Biasa Polio di wilayah Pidie beberapa waktu lalu.

Ilustrasi imunisasi pada anak. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memulai pemberian imunisasi polio yang ditargetkan kepada 95.603 anak berusia 0-12 tahun di Kabupaten Pidie, Aceh. Imunisasi polio massal bertajuk Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) dijalankan serentak selama sepekan, dan telah dimulai pada Senin (28/10).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, imunisasi polio massal ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Kejadian Luar Biasa Polio di wilayah Pidie beberapa waktu lalu.

Sebanyak 14.000 anak di Kabupaten Pidie sudah menerima imunisasi polio pada hari pertama pelaksanaan Sub PIN Polio. Selain di Kabupaten Pidie, Sub PIN Polio juga akan dilaksanakan di 21 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

"Pelaksanaanya dilakukan secara bertahap, sejumlah dua putaran dengan target sasaran sekitar 1.217.939 anak rentang usia 0-12 tahun," kata Maxi dalam keterangannya di laman resmi Kemenkes, Selasa (29/11).

Secara rinci, Sub PIN Polio putaran pertama dilaksanakan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022. Kemudian, pelaksanaan imunisasi polio massal di luar Kabupaten Pidie yakni di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara dan Kota Sabang, dimulai pada 5 Desember 2022.