Kemenkes ungkap penyebab lambatnya vaksinasi kepada lansia

Adanya beberapa kendala ketika lansia hendak mendapatkan layanan vaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan berusia lanjut. Foto: setkab.go.id/Humas Kemenkes

Target vaksinasi tahap kedua dimulai dari minggu ketiga Febuari 2021 dan diperkirakan selesai pada Juni 2021. Total sasaran vaksinasi tahap kedua ini mencapai lebih dari 38 juta orang, terdiri dari 21 juta lansia dan 17 juta petugas pelayanan publik.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada 4 April 2021, pencapaian vaksinasi pada dosis pertama bagi lansia mencapai 1,7 juta jiwa sedangkan vaksinasi dosis dua sebanyak 260.000 jiwa.

"Cakupan ini lebih sedikit dibandingkan dengan tugas pelayanan publik yang telah terima dosis pertama hingga 5,4 juta jiwa dan penerima dosis kedua mencapai 2,4 juta jiwa per 4 April," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dalam diskusi online, Selasa (6/4).

Vaksinasi tahap kedua untuk usia di atas 60 tahun dimulai pada minggu ketiga Febuari. Secara kasat mata terlihat antusiasme yang besar penduduk di atas 60 tahun yang mendatangi sentra-sentra vaksinasi. Tetapi kalau dilihat dari data, ternyata cakupan penerima vaksin bagi usia 60 tahun, masih cukup rendah bila dibandingkan kelompok prioritas yang pertama, yaitu petugas pelayanan publik.

"Total lansia yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama 1,73 juta. Tentunya kurang lebih 8,2% dari rencana untuk memvaksin 21,5 juta usia di atas 60 tahun,” ucapnya.