Kemenkumham buka 4.558 formasi CPNS 2021

Kemenkumham juga membuka formasi umum, formasi lulusan cumlaude, dan formasi disabilitas.

Ilustrasi PNS. Alinea.id/Oky Diaz.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkum HAM RI) membuka pendaftaran bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan jumlah formasi sebanyak 4.558 orang. Terdiri dari 253 tenaga kesehatan dan 4.305 tenaga teknis pada 2021.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, menjelaskan, formasi tenaga kesehatan diperuntukkan bagi jabatan dokter, perawat, dan bidan. Sementara tenaga teknis untuk pranata komputer, analis hukum, dan analis anggaran.

Berikutnya ada pranata keuangan APBN, dosen dan pembimbing kemasyarakatan bagi jenjang pendidikan D-3, S-1, dan S-2. Ada pula jabatan penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian bagi jenjang pendidikan SMA.

"Untuk pembukaan tahun ini, secara umum ada dua formasi, yaitu tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis. Untuk kuotanya lebih dari 4500 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," kata Andap secara tertulis, Rabu (30/6).

Andap menyampaikan, Kemenkumham juga membuka formasi umum, formasi lulusan cumlaude, dan formasi disabilitas. Peserta yang memilih formasi cumlaude memiliki persyaratan tersendiri. Hal senada berlaku untuk para penyandang disabilitas.