Kemenpar ikut gratiskan tempat istirahat paramedis di hotel

Kementerian Pariwisata menggandeng jaringan hotel, untuk menyediakan 1.100 tempat tinggal tenaga medis yang berjuang di garis depan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama berjalan seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2). Foto Antara/Sigid Kurniawan/foc

Pemerintah Pusat akhirnya mengikuti jejak sejumlah pemerintah daerah untuk membantu memberikan tempat sementara bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Hal itu setelah Kementerian Pariwisata menggandeng sejumlah jaringan hotel, untuk menyediakan 1.100 tempat tinggal tenaga medis yang berjuang di garis depan dalam penanganan Covid-19.

Menteri Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, mengatakan, hotel tersebut akan berada di sekitar rumah sakit rujukan pemerintah yaitu, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan.

"Kamar ini diperuntukan bagi 1.100 tenaga medis dengan berbagai macam tipe kamar, dalam hal ini Kemenpar memberikan bantuan pembayaran di bawah harga pasar," katanya dalam teleconference, Sabtu (28/3).

Upaya menggandeng jaringan hotel dimaksudkan agar tenaga medis dapat lebih dekat dengan rumah sakit untuk menangani Covid-19. 

Selain itu, Kementerian Pariwisata juga telah menjalin kerja sama dengan perusahaan transportasi dan perusahaan jasa layanan untuk menyediakan makanan, transportasi, dan cucian gratis bagi seluruh tenaga medis.