Kementerian ESDM akan pasang listrik gratis untuk 9.332 rumah

Program BPBL diharapkan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan listrik.

Logo PLN. Dok istimewa.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memberikan bantuan pemasangan sambungan listrik gratis kepada 9.332 rumah tangga di Provinsi Jawa Tengah. Instalasi listrik gratis diberikan melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang menyasar 80.000 rumah tangga seluruh Indonesia.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM M.P. Dwinugroho mengungkapkan, program BPBL diharapkan dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan listrik. Sebab, masih banyak kondisi di lapangan yang menyalur listrik melalui sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

"Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya," kata Dwinugroho dalam keterangan resmi, Selasa (1/11).

Oleh karena itu, imbuh Dwinugroho, pihaknya mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat khususnya terkait aspek keselamatan dalam pemasangan sambungan listrik.

"Kami dari Kementerian ESDM terus mensosialisasikan aspek keselamatan ketenagalistrikan, karena seperti yang kita ketahui, listrik selain bermanfaat namun juga berbahaya," ujarnya.