Kementerian PUPR siap bangun Waduk Cijurey di Bogor

Diklaim sebagai solusi banjir di Bekasi dan Karawang.

Prajurit TNI AD berjalan di lokasi bencana longsor di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jabar, Senin (13/1/2020). Foto Antara/Arif Firmansyah

Bupati Bogor, Ade Yasin, mengklaim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menerima usulannya tentang pembuatan Waduk Cijurey. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjungsari.

"(Kementerian PUPR) akan segera membangun waduk tersebut. Segera mungkin," ujar Ade Yasin di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Kamis (16/1).

Dia berpandangan, Waduk Cijurey kelak menjadi pelengkap pembangunan Waduk Cibeet di Kecamatan Cariu. Sebagai solusi permasalahan banjir di Bekasi dan Karawang. Juga kekeringan di timur Kabupaten Bogor.

Di sisi lain, dirinya berharap, pemerintah pusat dan provinsi (pemprov) membantu penanganan pascabanjir di timur dan barat Kabupaten Bogor. Apalagi, masa tanggap darurat diperpanjang hingga akhir Januari 2020.

"Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bogor memperpanjang sampai akhir Januari untuk lima kecamatan. Karena masih membutuhkan bantuan alat berat dan helikopter untuk mengangkut logistik," tuturnya.