Kericuhan di Tolikara: Satu warga tewas, anggota TNI terluka

Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda Papua akan melakukan penyelidikan dengan menurunkan tim investigasi gabungan.

Sejumlah personel TNI bersiap menindaklanjuti serangan yang dilakukan KKB. Antara Foto

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, mengatakan kericuhan yang terjadi di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, pada Sabtu (9/11) mengakibatkan seorang warga tewas. Tak hanya itu, satu anggota TNI juga terluka di bagian pelipis mata.

“Satu prajurit alami luka di pelipis mata kanan dan satu warga meninggal,” kata Eko melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Minggu (10/11).

Dia mengatakan, anggota TNI yang mengalami luka pada pelipis mata kanan karena berusaha menyelamatkan pedagang kios di Jalan Giling Batu, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara dari serangan seorang warga yang diduga pelaku bernama Yalimen Wandik (27) bersama teman-temannya.

Menurut Eko, Yalimen Wandik dan sejumlah temannya saat itu sedang dipengaruhi minuman beralkohol. Mereka tiba-tiba datang melakukan pengancaman, penyerangan, dan merusak toko dan kios milik Asok (48) dengan menggunakan parang dan batu.

“Anggota TNI yang terluka saat itu sedang melintas. Dia berusaha menyelamatkan dan mengamankan pemilik kios, namun mendapatkan aksi penyerangan juga,” ujar Eko