Ketua DPR minta pemerintah prioritaskan penyelamatan warga

Puan meminta agar pemerintah segera melakukan tanggap darurat.

Instagram @khofifah.ip

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani menyampaikan rasa prihatin atas bencana meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (4/12) sore. Puan meminta agar pemerintah bersama instansi terkait memprioritaskan penyelamatan warga.

"Keprihatinan mendalam kami haturkan kepada warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang, yang tengah diterpa bencana gunung meletus," kata Puan dalam keterangannya, Minggu (5/12).

Puan meminta agar pemerintah segera melakukan tanggap darurat. Politisi PDI-Perjuangan itu menekankan kepada pemerintah daerah agar mengoptimalkan koordinasi dengan BPBD, TNI/Polri dan berbagai lembaga/instansi lainnya.

"Utamakan penyelamatan warga terdampak gunung meletus, terutama untuk warga di sekitar Gunung Semeru yang terjebak di sekitar rumahnya dan belum berhasil menyelamatkan diri," ujarnya.

Menurut Puan, warga Desa Curah Kobokan, Lumajang, yang berada di lereng Gunung Semeru dilaporkan tengah membutuhkan bantuan. Warga yang tak sempat keluar dari desa saat erupsi terjadi kini berlindung di masjid dan membutuhkan evakuasi karena posisinya terjebak lava.