Ketua DPR sebut ada dua tantangan pada 2020

Puan mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk menjalin semangat persatuan dan kerukunan nasional.

Ketua DPR Puan Maharani (tengah) berjabat tangan dengan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kanan) disaksikan oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kiri) seusai Rapat Paripurna ke-6 DPR Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (17/12).Foto Antara/Rivan Awal Lingga/foc.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, ada dua tantangan yang harus dihadapi negara pada 2020. Yakni, tantangan ekonomi lantaran ketidakpastian global dan politik jelang pemilihan kepala daerah (pilkada).

Untuk itu, Puan mengajak semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk menjalin semangat persatuan dan kerukunan nasional. Dua hal tersebut merupakan landasan sifat dasar bangsa Indonesia, yakni gotong royong, sehingga tantangan dapat teratasi.

"Kami optimistis dengan semangat gotong royong yang menjadi sifat dasar bangsa ini, maka segala tantangan di 2020 akan teratasi. Tentu saja sikap bergotong royong akan muncul bila dilandasi semangat persatuan dan kerukunan nasional," kata Puan berdasarkan keterangan resminya, Selasa (31/12).

Persatuan dan kerukunan nasional menjadi fundamental, mengingat 2020 akan ada 270 pilkada yang berlangsung serentak. Sebagai bagian dari proses demokrasi, Pilkada 2020 harus menghadirkan kegembiraan politik untuk mencari pemimpin-pemimpin daerah terbaik, bukan menjadi ajang konflik horizontal. 

Puan menegaskan, DPR bersama pemerintah, serta penyelenggara pemilu, akan memastikan proses pilkada serentak 2020  berlangsung jujur dan adil (jurdil). Tentunya lewat peraturan yang disusun bersama.