Ketua Komnas HAM pastikan kinerja instansinya sudah cukup baik

Ketua Komnas HAM memastikan kritik DPR menggunakan data yang salah.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik memberikan sambutan saat acara seruan kebangsaan untuk pemilu damai 2019 di Jakarta, Jumat (12/4/2019). /Antara Foto

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik menyebut, anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta salah mengutip data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait hasil survei integritas.

Dalam sebuah pernyataan, Wayan mengaku kecewa dengan Komnas HAM. Alasannya, meski dibekali anggaran yang cukup dan diisi oleh aktvisi kemanusiaan, namun integritas lembaga pembela HAM itu sangat rendah. Wayan menyebut, nilai integritas Komnas HAM berada di urutan ke-80 dari 85 kementerian/lembaga yang disurvei.

"Pak Wayan juga salah kutip laporan KPK, kami di urutan 37 dari 57, masih di atas KY (Komisi Yudisial), MK (Mahkamah Konstitusi) dan MA (Mahkamah Agung) serta MPR. Jadi beliau (Wayan) juga salah kutip laporan KPK," kata Damanik saat dihubungi Alinea.id, Kamis (13/1).

Meluruskan penilaian integritas lembaga pembela HAM itu, Damanik menyebut, beberapa survei juga menyatakan lembaganya memproleh penilaian bagus. 

"Penilaian BPK juga bagus. Penilaian Kemenpan RB juga bagus, Komisi Informasi juga bagus," ujar Damanik.