Ketua MPR apresiasi Presiden Jokowi gratiskan vaksin Covid-19

Pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 diminta terus memberikan penyuluhan, edukasi pentingnya prokes bagi masyarakat. 

Ilustrasi vaksin/Alinea.id/Oky Diaz.

Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggratiskan biaya vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Keputusan tersebut dinilai menjadi lampu merah bagi oknum yang ingin mengomersialisasi vaksin coronavirus.

"Pernyataan tersebut sekaligus memupus harapan dan merupakan lampu merah kepada para spekulan yang hendak bermain di bisnis vaksin yang menggiurkan tersebut," jelas Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Rabu (16/12).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bamsoet itu juga mendukung wacana untuk mengetatkan pembatasan sosial, baik berskala besar maupun berskala kawasan lebih kecil di daerah yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 drastis. Tujuannya, agar laju penularan kasus baru dapat ditekan.

Karena itu, Bamsoet mengajak seluruh elemen masyarakat dapat menghormati dan mematuhi kebijakan tersebut bila diterapkan.

"Mendorong daerah yang akan melakukan PSBB atau berskala mikro agar mempertimbangkan kondisi perekonomian masyarakat setempat yang mungkin sedang kembali dibangun perlahan-lahan," tutur dia.