Khofifah diminta jadikan RPJP sebagai acuan

Khofifah harus menjadikan pembangunan berbasis agro dalam RPJMD ke depan sesuai dengan yang tertera dalam RPJP Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) berbincang dengan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (kanan) dan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono (tengah) saat meninjau ruang kerja di kompleks Kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/2)./AntaraFoto

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Timur Arif Hari Setiyawan berharap agar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sebagai pedoman menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim. 

Khofifah harus menjadikan pembangunan berbasis agro dalam RPJMD ke depan sesuai dengan yang tertera dalam RPJP Jatim.

"Siapapun yang melanjutkan estafet kepemimpinan daerah tidak lepas dari RPJP. RPJP sudah memperhatikan aspek di Jatim, potensi, peluang dan hambatan. Garis besar RPJP menjadikan provinsi agro paling besar di asia tenggara," katanya pada Jumat (15/2).

Kesejahteraan masyarakat Jatim yang bekerja di sektor agro masih rendah. Beberapa wilayah yang harus menjadi perhatian pemerintah adalah pesisir selatan, timur dan Madura, yang berpootensi berkembangnya sektor agro.

"Orang yang bekerja di sektor ini paling rendah kesejahteraannya. Tanggung jawab provinsi agar kemakmuran lebih merata," tandasnya.