KNKT ungkap penyebab KMP Lestari Maju dikandaskan

Setelah melewati lebih kurang enam bulan masa investigasi, hari ini (20/12), KNKT membeberkan penyebabnya

Warga dan petugas menyaksikan KM Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7).AntaraFoto

Kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira-Pamatata terpaksa dikandaskan di sekitar Perairan Selayar, Sulawesi Selatan pada 3 Juli 2018 lalu. Kapal itu kita kenal dengan sebutan KMP Lestari Maju. Namun, alasan dibalik nahkoda kapal itu sengaja menenggelamkan kapalnya belum banyak diungkap.

Setelah melewati lebih kurang enam bulan masa investigasi, hari ini (20/12), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan penyebab karamnya kapal feri itu kepada publik.

Menurut Investigator Pelayaran KNKT Bambang Safari Alwi, masalah utama yang mendorong nahkoda KMP Lestari Maju mengambil langkah nekat itu, ternyata kondisi kapal sudah tidak layak mulai dari aspek paling utama yaitu kelengkapan kapal.

"KMP Lestari Maju ini ternyata tidak memiliki lubang pembebasan ('freeing port') untuk membuang air laut yang masuk keluar kapal di geladak utamanya," ujar Alwi dalam konferensi pers hasil investigasi karamnya KMP Lestari Maju di Aula KNKT, Jakarta Pusat, Kamis (20/12).

Ketidaklengkapan pada mesin kapal tersebut, membuat kapal kesulitan membuang air dengan cepat saat gelombang air laut menghantam kapal. Air laut masuk ke geladak utama melalui bukaan-bukaan yang ada pada sisi lambung kapal dan juga dari pintu rampa yang tidak kedap air.