Kominfo catat ratusan hoaks seputar vaksin selama 2021

Kominfo ajak masyarakat tangkis hoaks secara kolektif.

Ilustrasi hoaks/ Pixabay

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi mengungkapkan, selama 2021 per 3 Maret, sudah tercatat 117 hoaks terkait vaksin Covid-19.

Berita bohong tersebut tersebar di 634 postingan di media sosial mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, hingga TikTok.

Kominfo melaporkan, salah satu contoh hoaks terbaru terkait vaksinasi Covid-19 melalui WhatsApp adalah menyebut vaksinasi untuk lansia, di Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) Jakarta, bisa langsung didatangi. Disebutkan pula bahwa lansia hanya perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Faktanya, jelas Dedy, berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan melalui akun resmi Twitternya, informasi tersebut sama sekali tidak benar alias hoaks.

Dia melanjutkan, memang benar ada pelaksanaan vaksinasi lansia di kantor Badan PPSDMK Jakarta. Akan tetapi penyediaan vaksinasi tersebut hanya untuk warga yang berdomisili DKI Jakarta dan sudah mendaftar secara online, bukan go show.