Komisi X DPR minta Zainudin Amali ambil sikap tegas soal posisinya

Selama ini, statuta FIFA selalu menyampaikan tidak boleh ada persinggungan langsung antara pihak federasi dan pemerintah.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. Foto: dpr.go.id/Devi/Man

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, meminta Zainudin Amali untuk mengambil sikap tegas terkait rangkap jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Wakil Ketua Umum PSSI. Ini disampaikannya merespons isu rangkap jabatan Zainudin dan pertemuan politikus Partai Golkar itu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (20/2).

"Perlu terus kita pantau minggu-minggu ini sikapnya seperti apa dan responsnya seperti apa," ujar Huda kepada wartawan, Senin (20/2). 

Menurut Huda, isu rangkap jabatan sudah dibahas lama, mengingat saat ini ada delapan menteri di kabinet yang rangkap jabatan. Untuk posisi Zainudin termasuk Menteri BUMN Erick Thohir yang merangkap jabatan sebagai Ketua Umum PSSI, kata dia, ada tiga pihak lainnya yang harusnya bersikap.

Pertama, Presiden Jokowi. Menurutnya, kepala negara perlu melihat apakah rangkap jabatan efektif untuk kebutuhan kabinet dan pembenahan sepak bola Indonesia.

Kedua, FIFA. Selama ini, statuta FIFA selalu menyampaikan tidak boleh ada persinggungan langsung antara pihak federasi dan pemerintah.