Komnas HAM umumkan susunan Ketua dan Komisioner periode 2022-2027

Posisi Ketua Komnas HAM periode 2022-2027 dijabat oleh Atnike Nova Sigiro.

Ketua, wakil ketua, dan komisioner Komnas HAM. Alinea.id/Gempita Surya.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengumumkan susunan pimpinan dan koordinator subkomisi untuk masa jabatan 2022-2027. Struktur kepemimpinan ini dirumuskan dalam sidang paripurna perdana yang berlangsung pada Senin (14/11) di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat. 

Hasil sidang paripurna yang dilakukan dengan mengedepankan musyawarah mufakat memutuskan, posisi Ketua Komnas HAM periode 2022-2027 dijabat oleh Atnike Nova Sigiro.

"Pada hari ini, kami mengucap syukur karena kami telah resmi memulai hari kerja kami yang pertama, dengan mengadakan sidang paripurna Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 yang dihadiri sembilan anggota terpilih," kata Atnike dalam keterangan pers, Senin (14/11).

Atnike juga memaparkan jabatan yang diemban kedelapan anggota Komnas HAM terpilih lainnya selama lima tahun ke depan. Sebagai Wakil Ketua Internal Komnas HAM adalah Pramono Ubaid Tanthowi, sementara Wakil Ketua Eksternal adalah Abdul Haris Semendawai.

Selanjutnya, ada Uli Parulian Sihombing yang mengisi posisi Koordinator Subkomisi Penegakan HAM. Ia juga didapuk sebagai Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan serta Komisioner Pengawasan.