Kompolnas: Anggota Polri sulit ubah gaya hidup hedonisme

Padahal, sudah ada aturan resmi mengenai pola hidup anggota Polri.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti dalam acara penghargaan Hoegeng Awards 2022. Dok: Alinea.id/Immanuel Christian

Masyarakat masih menyoroti gaya hidup mewah yang kerap ditampilkan para perwira tinggi (pati) Polri. Salah satunya, dengan tampilan kemeja kotak-kotak yang dikenakan Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi dan mantan Karo Paminal Div Propam Polri yang terbang dengan menggunakan pesawat jet pribadi menuju Jambi.

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti mengatakan, karakter hedonisme itu sebagai hal yang paling sulit diubah. Perubahan untuk hal itu membutuhkan waktu yang relatif lama.

“Reformasi Kultural Polri yang dianggap paling sulit karena tidak bisa mengubah watak dan budaya dalam sekejap,” kata Poengky sata dihubungi, Senin (5/9).

Tidak hanya hedonisme, masyarakat juga berharap Polri lebih humanis dan menghormati Hak Asasi Manusia (HAM). Bahkan, kultur korupsi, kolusi, dan nepotisme juga masuk dalam daftar resolusi hidup baru untuk Polri itu supaya Korps Bhayangkara menjadi bersih, profesional, transparan, dan akuntabel.

“Sementara masyarakat berharap watak Polri yg dulunya militeristik berubah jadi humanis dan menghormati HAM, serta gaya hidup mewah dan tampilan yg arogan menjadi sederhana,” ujar Poengky.