Kondisi Menhub dinyatakan membaik dan stabil

Menhub Budi Karya diumumkan sebagai kasus ke-76 COVID-19.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3/2020)/Foto Antara/Sigid Kurniawan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pasien kasus ke-76 penyakit saluran pernafasan karena COVID-19, dinyatakan membaik dan stabil.

"Kalau dari yang laporan rumah sakit ke saya kondisinya stabil, makin membaik, kata dokter yang merawat," kata juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto di Jakarta, Selasa (17/3).

Menhub Budi Karya diumumkan sebagai kasus ke-76 COVID-19 di Indonesia pada Ahad (14/3). Menhub dikabarkan berada di lingkungan istana kepresidenan saat menghadiri rapat terbatas pada 11 Maret 2020.

Akibatnya, Presiden Jokowi dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pun harus menjalani tes COVID-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto secara bertahap mulai Senin (16/3).

"(Para menteri) Sudah diperiksa dan kemudian hasilnya sudah dikasikan ke yang bersangkutan karena kan ini general check up, bukan pasien. Jadi hasilnya diberikan ke mereka semua dan sebagian besar bekerja sekarang, cuma bekerjanya pakai video conference," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ini.