Korban jiwa banjir bandang Sentani mencapai 79 orang

Sebanyak 4.728 orang juga harus mengungsi akibat banjir bandang yang terjadi.

Sejumlah kendaraan terendam lumpur saat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3)./ Antara Foto


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menyatakan korban meninggal dunia banjir bandang di Papua sudah mencapai 79 orang. Korban berasal dari Kabupaten dan Kota Jayapura.

Jumlah korban itu merupakan data yang diterima BNPB hingga pukul 15.00 WIB hari ini, Senin (18/3).

"Tercatat korban jiwa sebanyak 72 orang di wilayah Kabupaten Jayapura dan 7 orang di Kota Jayapura. Total 79 orang," kata Doni saat gelar jumpa pers di RS Bhayangkara, Kota Jayapura, Senin (18/3).

Selain itu, 4.728 orang masih mengungsi. Doni mengatakan, aparat masih melakukan proses evakuasi terhadap para korban terdampak banjir. TNI dan Polri, serta aparat pemerintahan lainnya telah diturunkan untuk membantu para korban. 

"Pemerintah daerah, TNI dan Polri juga pihak lainnya terus bekerja, mengevakuasi para korban, menambah fasilitas MCK, sanitasi, air hangat untuk para bayi, selimut, makanan nutrisi dan lainnya, ini juga harapan dan keluhan warga yang mengungsi," katanya.