Korlantas tengah siapkan skema Operasi Ketupat 2023

Korlantas Polri telah melaksankan survei ke ruas jalan.

Ilustrasi. Foto Antara/Dedhez Anggara

Kepolisian telah melakukan survei dalam rangka melaksanakan operasi ketupat tahun 2023. Operasi ini tentu untuk mengamankan jalur para pemudik.

"Operasi ketupat segera dilaksanakan untuk masyarkat mudik," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (6/3).

Menurutnya, Korlantas Polri telah melaksankan survei ke ruas jalan pantai selatan sepanjang Banten-DIY, Pantai Utara di jalur Jakarta-Semarang, Tol Jakarta-Surabaya, serta Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Sebagai informasi, Jalur mudik liburan Idul Fitri diperkirakan sebagian besar terjadi di ruas-ruas Jakarta menuju kota-kota di Jawa Tengah, Jawa Timur, juga sebaliknya dan di kota-kota di Sumatra, Sulawesi, dan di beberapa provinsi lainnya.

Ruas Jalur mudik Pantai Utara (Pantura) dan jalur tol yang kini sudah terhubung di sepanjang Pulau Jawa merupakan jalur favorit yang digunakan oleh pemudik. Namun Pemerintah, melalui Kemenhub kini menawarkan jalur mudik tanpa kemacetan tetapi juga mudik sambil berwisata.