KPK geledah 5 rumah keluarga Aa Umbara

Penggeledahan masih terkait dugaan rasuah pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial KBB. 

Gedung Merah Putih KPK. Alinea.id/dokumentasi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah lima rumah keluarga Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri mengatakan, semuanya terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Penggeledahan masih terkait dugaan rasuah pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial KBB Jawa Barat, pada 2020. Dalam perkaranya, Aa Umbara ditetapkan sebagai tersangka.

"Rabu (7/4), tim penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lima lokasi berbeda yang berada di wilayah Lembang KBB, yaitu rumah kediaman dari pihak-pihak yang ada hubungan keluarga dengan tersangka AUS (Aa Umbara Sutisna)," ujar Ali Fikri, Kamis (8/4).

KPK menduga famili Aa Umbara mengetahui rangkaian perbuatan para tersangka dalam kasus ini. Sementara dari penggeledahan lima rumah, ditemukan dan diamankan berbagai dokumen yang diterka terkait dengan perkara.

"Selanjutnya bukti-bukti ini akan divalidasi dan dianalisis untuk segera diajukan penyitaannya guna menjadi barang bukti dalam berkas penyidikan perkara dimaksud," jelas Ali.