KPK geledah kantor PT ACK terkait kasus Edhy Prabowo

KPK geledah PT ACK hingga pukul 02.30 WIB dini hari terkait lobster.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) non-aktif Edhy Prabowo/Foto Antara.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di kantor PT Aero Citra Kargo (ACK), Jakarta Barat, Senin (30/11). Giat itu masih terkait kasus dugaan suap terkait perizinan tambak, usaha, dan/atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020.

Pada perkara tersebut, diketahui tujuh orang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif, Edhy Prabowo, Staf Khusus Menteri KP, Safri (SAF); dan pengurus PT Aero Citra Kargo, Siswadi (SWD).

Lalu, staf istri Menteri KP, Ainul Faqih (AF); Direktur PT Dua Putra Perkasa, Suharjito (SJT), Staf Khusus Menteri KP, Andreau Pribadi Misanta (APM); dan swasta Amiril Mukminin (AM).

"Penggeledahan berlangsung hingga pukul 02.30 WIB dini hari. Adapun barang yang ditemukan dan diamankan tim di antaranya adalah beberapa dokumen terkait dengan ekspor benih lobster dan bukti elektronik," kata Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri, Selasa (1/12).

Ali menjelaskan, barang dan dokumen yang diamankan tersebut akan diinventarisir dan analisa lebih lanjut untuk selanjutnya dilakukan penyitaan. Di sisi lain, imbuhnya, penyidik lembaga antisuap masih menganggendakan penggeledahan berikutnya.