Ketua KPK minta kepala daerah di Jabar bersinergi berantas korupsi

"Korupsi menyebabkan negara gagal dalam mewujudkan tujuan bernegara, yakni keadilan sosial," ucap Ketua KPK, Firli Bahuri.

Ketua KPK, Firli Bahuri. Foto Antara/Akbar Tado

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, meminta kepala daerah di Jawa Barat (Jabar) bersinergi dalam pemberantasan korupsi. Salah satu caranya dengan menerapkan upaya-upaya pencegahan rasuah dalam tata kelola pemerintahan.

"Saya mengajak seluruh bupati dan wali kota merapatkan barisan untuk memberantas korupsi karena korupsi adalah kejahatan serius. Korupsi menyebabkan negara gagal dalam mewujudkan tujuan bernegara, yakni keadilan sosial," tegasnya dalam rapat koordinasi di Kabupaten Bandung Barat, Selasa (16/3).

Dalam pertemuan tersebut, 27 kepala daerah di Jabar yang hadir juga menandatangani komitmen bersama mendukung program pemberantasan korupsi terintegrasi. Ada lima bentuk dukungan komitmen, yaitu, implementasi pencegahan korupsi melalui pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kedua, melakukan penatausahaan barang milik daerah (BMD). Ketiga, melakukan upaya dalam rangka menggali potensi pajak daerah dan mengembangkan inovasi untuk optimalisasi pajak daerah.

Keempat, mengimplementasikan pendidikan antikorupsi di jenjang pendidikan dasar dan menengah serta Badan Pendidikan SDM Pemda dengan tata kelola jejaring pendidikan yang berintegritas. Terakhir, melaksanakan rencana aksi dalam program pemberantasan korupsi terintegrasi secara konsisten dan berkelanjutan.