KPK minta program POP efektif dan efisien

KPK ingin hadir untuk menjaga efektivitas tujuan POP yang luhur dan bagus itu, mencapai sesuai yang diharapkan.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, saat ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020). Alinea.id/Achmad Al Fiqri.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron berharap, Program Organisasi Penggerak (POP) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dapat terlaksana dengan efektif. Karena itu, pemantauan terhadap program tersebut akan dilakukan KPK, agar segala tujuan dari program itu dapat terlaksana.

"KPK ingin hadir untuk menjaga efektivitas tujuan POP yang luhur dan bagus itu, mencapai sesuai yang diharapkan, juga untuk memastikan efektivitas," papar Ghufron, dalam webinar bertajuk 'Mengukur Integritas Program Organisasi Penggerak (POP) Kemdikbud," Rabu (29/7).

Selain itu, Ghufron meminta agar program tersebut dapat terlaksana secara efisien. Menurutnya, efektivitas dan efisiensi dua hal yang harus dilaksanakan dalam program tersebut.

"KPK bukan hanya menjaga efektivitas, tetapi juga menjaga agar program bagus dan tercapai. Tetapi tercapainya juga harus dengan efisien," tutur Ghufron.

Pelaksanaan efisiensi dalam program itu terletak pada sisi anggaran. Hal itu diperlukan lantaran masih banyak program negara yang belum terlaksana dan membutuhkan dana.