KPK periksa Bupati Kepulauan Meranti

Bupati Kepulauan Meranti Irwan akan diperiksa terkait suap yang menyeret politikus Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.

KPK periksa Bupati Kepulauan Meranti pada hari ini (9/7)./Antara Foto

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bupati Kepulauan Meranti, Irwan. Irwan bakal diperiksa terkait perkara suap yang menyeret politikus Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IND (Indung)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dalam pesan singkat, Selasa (9/8).

Selain Irwan, KPK juga akan memeriksa enam saksi lain yakni Ketua Panitia Pengadaan Penyelenggara Lelang Gula Kristal Rafinasi Subagyo, Kepala Seksi Pengembangan Pasar Rakyat Kementrian Perdagangan Husodo Kuncoro Yakti.

Kemudian anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Partai Gerindra Fadhlullah, dan tiga pihak dari swasta: Serly Virgiola, Harmawan, dan Dipa Malik. Mereka akan diperiksa terkait perkara suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) dengan PT Humpuss Transportasi dan penerimaan lain yang berkaitan dengan jabatan.

KPK telah mengendus dugaan praktik rasuah lainnya yang dilakukan Bowo Sidik. Komisi antirasuah telah mengindentifikasi empat sumber penerimaan gratifikasi oleh eks anggota DPR RI itu.