KPK periksa Ketua Komisi III DPR Herman Hery

Herman Hery hadir di Gedung Merah Putih KPK terkait penyelidikan kasus korupsi bansos Covid-19.

Ketua Komisi III DPR, Herman Hery (kanan) bersama Aziz Syamsuddin dalam suatua raapat di DPR/Foto dok DPR RI

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua Komisi III DPR, Herman Hery. Pemeriksaan politikus PDI-Perjuangan itu terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial di Kementerian Sosial.

"Benar, hari ini (30/4), informasi yang kami terima, telah hadir di Gedung Merah Putih KPK Herman Hery dalam rangka permintaan keterangan terkait penyelidikan yang sedang dilakukan KPK," ujar Pelaksana tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri.

Menurut Ali, lembaga antisuap belum bisa menyampaikan meteri hasil pemeriksaan karena masih tahap penyelidikan. Namun, dia memastikan penyelidikan itu terkait kasus bansos yang menjerat bekas Menteri Sosial Juliari P Batubara.

"Sebagaimana yang pernah kami sampaikan, bahwa saat ini terkait dengan pelaksanaan bansos di Kemensos RI, KPK sedang menindaklanjuti dengan melakukan kegiatan penyelidikan dimaksud," jelasnya.

Sebelumnya, Juliari didakwa terima suap Rp32,4 miliar melalui pejabat pembuat komitmen atau PPK Matheus Joko Santoso dan kuasa pengguna anggaran (KPA) Adi Wahyono. Kemudian uang Rp1,28 miliar dari Harry van Sidabukke, Rp1,95 miliar dari Ardian Iskandar Maddanatja, dan Rp29,25 miliar dari beberapa penyedia bantuan sosial Covid-19 2020 lainnya.