Kronologi kebakaran pabrik mancis tewaskan 30 orang

Dari 30 korban tewas, lima di antaranya merupakan anak-anak.

Warga mengerumuni lokasi rumah yang dijadikan pabrik pembuat korek gas (mancis) pascakebakaran di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. /Antara Foto

Polri telah mengidentifikasi 30 jenazah korban kebakaran pabrik perakitan korek api atau mancis di Jalan Tengku Amir Hamzah, Dusun IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dari 30 korban yang teridentifikasi, lima di antaranya merupakan anak-anak.

"Sudah 30 korban teridentifikasi, 25 di antaranya karyawan, lima lainnya anak-anak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta pada Senin (24/6).

Dedi mengatakan, seluruh jenazah telah dipulangkan kepada keluarganya masing-masing untuk selanjutnya dimakamkan. Adapun proses pemakaman tersebut dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, kata Dedi, tujuh jenazah dipulangkan pada Sabtu (22/6) malam. Lalu tahap kedua diambil pada Minggu (23/6).

"Tujuh jenazah telah dikembalikan pada Sabtu malam pukul 20.00 WIB. Kemudian pengembalian kedua, yaitu 23 jenazah pada pukul 23.45 WIB," tutur Dedi.

Dalam kasus kebakaran ini, polisi telah memeriksa lima saksi. Mereka merupakan karyawan yang selamat saat insiden kebakaran pada Jumat (21/6) siang. Kelima saksi tersebut adalah Ayu Anita Sari, Sri Maya, Deni Novita Sari, Nur Aisyah, dan Ariyani.